Sejarah Vespa

Enrico Piaggio

Piaggio didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada awalnya Piaggio adalah pabrikan yang memproduksi peralatan kapal, rel kereta dan gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama berkecamuk, Piaggio memproduksi pesawat terbang.

Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio di bom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah

Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi dan teknologi dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang. Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari alumunium seperti bodi pesawat terbang.

Menurut berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat dari atas terlihat seperti lebah.

Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di Jerman dan Inggris.

Selain Vespa, pada masa itu juga lahir berbagai merek kendaraan roda dua jenis ini, seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU, Hummel. Akan tetapi yang hingga saat ini eksis di Indonesia adalah Vespa dan disusul oleh Lambretta

Sejarah Vespa di Indonesia

Sebenarnya penulis sendiri tidak tahu persis kapan pertama kali Vespa masuk ke Indonesia. Mencoba mencari referensi ke beberapa narasumber pun tidak membuahkan hasil yang konkret. Masing-masing narasumber mempunyai keterangan yang berbeda-beda, akan tetapi mereka mempunyai persamaan persepsi, bahwa “Demam Vespa” di tanah air sangat di pengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa diberikan sebagai Penghargaan oleh Pemerintah Indonesia terhadap Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu.

Menurut beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan, mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.

Sampai saat ini sudah puluhan varian Vespa yang mampir di Indonesia. Dari yang paling tua hingga yang paling baru ada di Indonesia. Bahkan teman saya dari Philipina menyebut bahwa Indonesia adalah surganya Vespa. Sampai saat ini mungkin masih bisa disebut sebagai surganya Vespa. Maraknya ekspor Vespa, sedikit banyak mengurangi populasi Vespa di Indonesia.

66 Responses to Sejarah Vespa

  1. djamas berkata:

    yg ane tau tentang vespa di indonesia katenye sih itu motor bat para angota angota komunis di indonesia karena indonesia negara yg memiliki rakyat komunis yg tidak sedikit saat itu…

    • hendrajawa berkata:

      wah.. boleh jadi itu pendapat yang keliru. sebab ada vespa yang di bawa kesini oleh missionaris vatikan yang menyebarkan agama katolik di indonesia. pendpat itu mungkin timbul karena fakta sejarah italia pernah menjadi negara yang menganut faham sosialis (mussolini)… cmiiw..

      salam vespa

  2. EkoBanana berkata:

    Ya.. saya juga pernah mendengar soal itu.

  3. satria abdillah berkata:

    bagaimana pendapat anda apabila populasi vespa di indonesia bertambah,karena menurut saya design vespa cukup menarik

  4. YUDI berkata:

    Boz,crita vespa nya kan dah ad ni.crita tntng Enrci piaggio ny sndri pnya gk???kalo pnya mnta y.Qrim k e-mail sy.

  5. EkoBanana berkata:

    Bro Satria…
    Saya setuju sekali jika populasi Vespa di Indonesia bertambah. Secara design memang sangat menarik. Tapi jika melihat harga Vespa keluaran baru yang lumayan mahal dan semakin maraknya ekspor Vespa ke luar negeri, akan menjadi tantangan bagi kaum scooterist.

    =====================================================
    Bro Yudi…

    Untuk biografi Enrico segera menyusul. Terimakasih…

  6. dipa berkata:

    bro, tolong dong yg punya spec lengkap tentang vespa super 150 VBB, bisa di email ke saya pliss..
    spec lengkap klo memungkinkan tentanng gambaran teknis keseluruhan..atau klo tau alamat website yg memuat itu semua…tolong y bro, thanx

  7. PANJI ISC (Ikatan Scooter Cilegon) berkata:

    Gua sering ikutan touring bareng ma anak-anak gue. Dan emang bener aja yang gue liat dan peratiin sih. bahwa Indonesia emang surganya vespa ini berdasarkan fakta dan kenyataan. Ampir tiap kota pasti banyak banget komutinas Vespa.
    Oke………segitu aje dulu komen dari gua, piss & love……….

  8. rahmat.gultom berkata:

    susah ga bang kalau pakai vspa thn1945, apa sama dengan vespa thn1980

  9. rahmat.gultom berkata:

    salam buat semua scoterist vespa dimanapun anda berada.

  10. EkoBanana berkata:

    Bro Rahmat Gultom say :
    susah ga bang kalau pakai vspa thn1945, apa sama dengan vespa thn1980

    EkoBanana said :
    Kebetulan saya belum pernah liat Vespa tahun 45 tuh 😀
    Yang pasti kalo sudah suka gak ada kata susah.

  11. bambang subiyantoyo berkata:

    Dear Bro…, ada bbrp hal yg ingin aku diskusikan dlm artikel bagus ini, terutama dlm bbrpa segmen Comment-nya:
    1. Utk sejak kapan vespa ada di Indonesia aku sedang dlm penelusuran (mohon bantuannya) dg menggunakan metode keberadaan faktur pembelian tertua yg pernah ada (kalo ada tolong scan n email ke aku ya…).Hal ini aku pernah dengar ada faktur pembelian vespa di tahun 52 -nmn blm aku lihat, cm dengar 😦
    2. Vespa tdk pernah ada hubungannya dgn ideologi, mengingat keluarga besar Piaggio sendiri sangat agamis (beberapa produknya bahkan sempat ditasbihkan Paus di Vatican) jd rumor vespa sebagai kendaraan komunis sepertinya tdk relevan, dlm hal inipun aku pernah melihat foto Presiden SBY saat muda bersama teman2xnya dgn Vespa ditengah2x beliau. Jadi kita sebagai skuteris di negeri tercinta ini ada baiknya berupaya terus menepis rumor2X macam itu, ngak penting… .

    salam hangat
    bambang subiyantoyo

  12. EkoBanana berkata:

    To pak bambang :

    1. Saya juga belum pernah lihat tuh pak. Nanti coba saya ikutan survei cari deh. Buat yang laen bantuin yah?

    2. No comment dulu… tapi hanya Vespa yang bisa apa saja, dimana saja dalam kondisi apapun. Gak sekedar tunggangan, tapi juga gaya hidup kali…

  13. bang cadas berkata:

    mungkin tulisan ini bisa jd refrensi buat scooteris semua ya…amin..!!

  14. kiki berkata:

    oya mau tanya kenapa ya vespa disini tipe namanya ada yg beda ama yang di luar negri? misalnya excel ma t5?atau vespa exclusive di luar negri juga ga ada yha? terus knapa seri vespa px yang taun 80 an beda yha ma yang di luar negri,, stang nya abeda gtu padahal kerenan yang di luar negri ya??
    thank’s bro!
    hidup Vespa!

  15. bayu berkata:

    pokoknye yg ane ngerti…jangan sampe lo jual vespa lo…pa lagi ntar mpe dikirim keluar negri…tu motor selain antik juga punya sejarah bro…gak kayak motor2 laen di jalan yang gak jelas juntrungnye…pokoknye…bwt lo lo yang punya vespa and gak punya duit and pengen di jual ..mending hubungi gw aje…dari pade di jual ke luar negri…ya gak sech…i love my scooter forever!!!!

  16. abii berkata:

    hallo pencinta vespa indonesia
    hm saya punya vnb6 125 tapi banyak yang bilang tahun 1966 sudah masuk kesuper biasa saya masi binggung sebab saya baru terjun kedunia vespa skarang saja saya masi duduk dikelas 2 sma . saya masi bingung . apa vnb6 itu termasuk mtr bul up pada zaman itu . thanks

  17. abii berkata:

    oh ia jangan jual vespa mu keluar negri buat ank sma yg naik vespa . good pertahanin terus ia

  18. reza rendra berkata:

    weitss..bru nmu gw bi fs
    gw juga bru klas 3 smp
    walupun bnyag makian dari gru karna gw bawa vespa ke skolahh..tpi rasa cinta gw sama vespa gw bisa ngalahin rasa emosi gw di maki2 guru

  19. abii berkata:

    anak mana za ? pake mtr apa skolahnya ?
    slam knal . okok

  20. abii berkata:

    disekolah ada sypa yang naik fespa ?

  21. ghavit berkata:

    salam kenal buat para scuteries para pengelana jagat gue kagak gabung di klub vespa manapun gue mah independent salam we lah kasadayana ti barudak sumedang

  22. bob berkata:

    salam scooters bt smua scooter di belahan dunia manapun bagi yang nyari tahun 1960 – 1965 hub 08174916677,djamin manyos ori bro

  23. Halid's SBXC berkata:

    bro……….
    kalau mau lihat vespa yang panjangnya 9,7 meter ada ditempat kami di Barabai, Kal-Sel. tepatnya di sekretariat SBXC ( Scooter Barabai X-treme Club )
    Salam kenal ya buat semua SCOOTERIST yang ada di se antero nusantara…………….. PISS MENNNNNNNNNNNNNNNNN

  24. Anto_Doang berkata:

    No comment….Hanya satu kata…
    LEBIH BAIK NAIK VESPA….
    VESPA… ga ada matinye…maju terus Scooterist…eratkan persaudaraan…
    VESPA..NO PROBLEMO…

  25. fadly 12 berkata:

    pokonama hidup Vespa…….. (motor aing kumaha aing)

  26. egak berkata:

    ultah vespa se jawa ke 3 di magelang ramai sekali,,
    bnyk jg scooterist yg datang dr sumatra,kalimantan,bali seantero nusantara dah!!

    kita sodara kawan!!

    sma naek vespa siapa takut,siapa gengsi!!

  27. bro_scoot berkata:

    yo wis, yo wis… yang penting VESPA, VESPA, VESPA…
    keep rollin’ brother. salam anak vespa independent jepara.

  28. ROBI ( west scooter club surabaya ) berkata:

    VESPA KHUSUS DRAG FFA + PIALA + TROPI AKU MAU JUAL BARAG KALI BRO ADA YANG MINAT HUB : 081230683633

  29. lucky scooterist piss berkata:

    yang penting anak motor pada rukun apapun motor retronya , khususnya vespa memang lebih baik naik vespa, apapun clubnya

  30. die_81 berkata:

    Bro ane dr club GHOST (Generasi Hobi Scooter Tangerang) mw informasi club ane mw ngarak salah satu anggota kta ada yg merid dgn anak bandung jd kta2 pd ngarak sambil touring lah……
    klo ada tempat yg bsa d singgahi boleh donk infonya….
    klo ada yg mw partisipasi jg boleh….
    start dr pom bensin mitra perumnas 2 harkit karawaci…..
    brangkat hr jumat mlm jm 9an….
    oke salam generasi sCooter…..

  31. joni berkata:

    sory sebelumnya,,,,ini bukan komentar tapi suatu pertanyaan.
    tanggal, bulan & tahun berapa vespa pertama di produksi????
    terima kasih atas bantuan dan kerja sama nya.

  32. jayadi berkata:

    aku juga loh pecinta motor vespa. dan aku jga ni punya vespa 1962 .

  33. sonson berkata:

    wahai rekan2 yg sedang mencari spartan86 body lempeng tdk kropos,mesin siap luarkota,hrga 2jt nego.hub saya 0341-9113243

  34. adi p.a berkata:

    kasih spesifikasi mesin vespa thn 1884 dong bos!!!!

  35. Eko berkata:

    @ adi p.a

    Saya belum tau tuh mas, setahu saya vespa adanya dari tahun 1946 brader…

  36. Toto berkata:

    Saya kenal vespa sejak th 1981. Buat belajar naek motor jaman masih SD. Jangankan nyetater, ngediriin vespa aja bisa sembelit. (belum ada standar samping)
    Kemudian tu vespa jadi tunggangan mulai SMA – Kuliah. Itung itung 10 th gue pake. dan tanpa sadar ternyata ikut membentuk tubuh gue.. jadi agak doyong ke kiri.
    Maklum persneling berat jadi tangan kiri ngeden..

    Tapi nu vespa handal bener. Cuma ngurusin kabel persneling doang. Gak mikirin rante-nya ( mang gak ada ya ??)

    Sayang sekarang dah banyak yg diprotolin ye.. malah kelihatan jadi orang gak pede punya vespa.. sniff (nangis)

  37. ade berkata:

    Bro gw ada Vespa thn 1969 ada yg minat call gw di no 08818159929/085692011137 harga miring nih

  38. praboe berkata:

    whats up brooww??
    ku ank BLACK SEK LAMONGAN UTARA slm prdamaian bwt scooterist nusantara,BRANKAAAAAAAATTTTTTT,,,,,,,,,

  39. Bento hoolligans scooter berkata:

    …..stop ekspor vespa….kalo ada yg mau jual k gw aja…….jgn smpi lautan vespa menjadi sungai vespa di indonesia…viva piaggio……

  40. memet pescos sidoarjo berkata:

    mas sejarahnya gag da yg lebih lengkap tahhh?tapi ceritanya boleh juga….soalx gwe nyari sepeda vespa jaman perang…tlong klo da hubungi yah….

  41. etepagustine berkata:

    saya punya vespa corsa thn 92 ada yg mau plat BM riau. motor ada dibandung warna silver dah dicat warna pink kondisi mesin hrs turun..tertarik just call 081395474789.tgx

  42. Tompel(scooteris cikampek sorangan wae) berkata:

    selama saya pke vespa, gak tau knpa hidup ini jadi terasa berwarna dan indah………., salam hangat terdahsatttttttttt bwt scooteris d seluruh INDONESIA MmMmMmMmMmMmMMMMMMMMUAH LOV U BROTHER

  43. Tompel OZAN(scooterist cikampek sorangan wae) berkata:

    sekali vespa tetep vespa!!!!!!!!!!!!!!!!!
    salam persaudaraan bwat scooterist senusantara……

  44. LEO berkata:

    slm kenal for scooterist nusantara
    from anak SAS MANADO…manado juga byk vespanya loo…hargax miring juga…byk yg udah gak dpakai ma pemiliknya…hunting aja dmanado…dari douglas, lambreta 2-3 roda juga ada, model congo juga masih bayk..tgl tawar aja harganya bro….siapa mw..dtg langsung ke manado yah….bwa juga vespamu…

  45. cogel (SUCI) bandung berkata:

    aing bogoh visan kana vespa……
    pokonamah nu lain lewattttttttttttttttttttt

  46. for you all,betta getta vespa,viva la vespa

  47. riduwan berkata:

    bravooooo………
    Bwt ank scuterisst d mn pun brada. Gw ank LASCER stabat, sumut. Gw dah 5 th pke px n slama tu gw gk prnh kcewa dgn px gw, pa lg d stabat ad bengkel vespa yang beeeuuuuhhhh jago bgt dia bnerin vespa(ktua lascer). Dah gt aj yach,pokoknya bravoooooo vespa…… Slm knal aj buat pengguna vespa yang laen.

  48. tian berkata:

    wah, keren sejarahnya

  49. riyan berkata:

    saya prhatin tentang vespa saat ini. para pecinta vespa tidak lagi menghargai keindahan karya piagio. sbnrny Hak azai mereka untuk extrem. tp tolong, hargai dan nikmati keindahan seni vespa.. maaf sebelumnya.
    lover.scooter@yahoo.com

  50. topan community scooter djakarta(COESOED) berkata:

    selamatkan vespa dr kepunahan…stop expor vspa k luar negeri…
    hancurkan org yg mlakukan expor vspa…..jempolkan org yg mlakukan impor vespa k indonesia…

  51. tyavick sanmoesa berkata:

    my the best motorcycle….i luv vespa….4ever….

  52. Bambang Jhos berkata:

    saya nai vespa sudah 15 tahun…. sampai sekarang hatiku dah kecantol di Vespa…
    Pokoknya “pria sejati oper gigi pakai tangan kiri”
    mari kita hentika bersama peng ekspor vespa… lestarikan vespa di Indonesi… cita2ku.. puya vespa sebanyak2 yg bisa q beli….
    Hidup scooteris Indonesia…

  53. yogi berkata:

    one love ajjh bwat para scooteriis indonesia…..

  54. B+7l^@z berkata:

    unyu unyu lope lope vespa…..

  55. singgih g berkata:

    Mau share juga ne…..aq pake vespa mulai thn 1994 sbg detailer farmasi……sampe sekarang msh juga pake,,,,walaupun dpt fasilitas mobil……tiap parkir depan apotek atau parkir di praktek dokter….sering ada yg nanya….”Mas,,,,,dijual ga Vespa nya…..?”

Tinggalkan komentar