Lebih Dekat : Vespa 180 Super Sport (1965)

Alasan saya kenapa menulis tentang Vespa 180 Super Sport atau biasa disebut 180ss adalah karena ketidaktahuan saya akan varian Vespa tersebut.  Jadi disini saya tidak bermaksud untuk menjelaskan tentang 180ss, tetapi hanya berbagi pengetahuan saja dengan rekan-rekan yang mungkin juga belum tahu, serta mohon saran dan masukan kepada rekan-rekan yang lebih tahu. Foto dan keterangan saya sadur dari berbagai sumber, coba saya rangkum untuk mempermudah saya memahami Vespa varian 180ss ini.

Mari kita mulai mengenali Vespa 180 Super Sport dari tampilan body bagian depan.

Bentuk body depan tidak jauh berbeda seperti varian large frame lainya seperti Sprint dan Super. Spakbor sepertinya mirip dengan vespa sprint, logo P/ dan emblem “VESPA SS”, menggunakan ban ring 10. Tampak depan cenderung mirip dengan Vespa Sprint.

Detail Stang, mirip dengan sprint jenong (kata orang Indonesia), lampu kotak, speedo P/, handpad P/. Point mencolok yang membedakan dengan Sprint adalah adanya tool box di bawah stang, menempel pada sayap depan.

Menyadur dari buku Vespa Tecnica, di jelaskan bahwa ada varian 180ss yang menggunakan kunci kontak yang berada di stang bagian atas, tepatnya di atas speedometer seperti foto dibawah ini.

Tampak samping kanan dan kiri

Dari samping kanan terlihat sama saja dengan Vespa Sprint kecuali tool box depan. Jika dilihat dari samping kiri, baru terlihat ada yang berbeda, yaitu ban cadangan ditempatkan di dalam box sebelah kiri.Detail knalpot saya belum dapat gambarnya, mungkin ada yang bisa nambahin??

Detail foto posisi ban cadangan

Tampak belakang dan mesin

Bagian belakang tidak ada yang berbeda dengan Vesap Sprint, kecuali pemakaian emblem “SUPER SPORT” dengan huruf latin. Lampu belakang mengaplikasikan lampu belakang trapesium yang juga digunakan oleh varian super dan sprint di bawah tahun 1970.

Berikut beberapa penampakan lainya :

Untuk mesin, saya sendiri kurang tahu😀 hehehe…. lha wong untuk mengenali aja baru belajar. Pegang pun belum pernah (kasihan yah…).Mungkin di lain waktu akan saya sambung lagi mengenai ulasan mesin dan kelistrikan. Atau mungkin ada rekan-rekan yang mau membantu saya?? Mohon maaf  jika ada kekurangan dan kesalahan, mohon saran dan masukanya. Hanya sekedar sharing saja, tidak bermaksud untuk menggurui… Terimakasih.

Satu Balasan ke Lebih Dekat : Vespa 180 Super Sport (1965)

  1. harunbc mengatakan:

    sy sdh pernah punya 2 bj bos. Utk sekedar berbagi sj, klo utk ban / velg bisa di balik2 (artinya kanan kiri sama besar nya, jd bisa di balik2).Bukan di balik2 velg depan si kasih ke velg belakang. Juga posisi buangan lobang knalpot ada di kanan bawah (klo vespa lain di kiri). Mungkin itu sj dari sy, meskipun banyak perbedaan yg lain (mis karburator sangat beda dg vespa jenis lain).

Tinggalkan Balasan

