Popularitas USNI di Google

Iseng-iseng tes popularitas website kampus saya USNI di Google. Mengapa google? Karena menurut saya Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di Indonesia. Setelah saya test dengan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan kampus saya, hasilnya sebagai berikut :

  1. Hasil pencarian kata “universitas” di http://google.co.id menempatkan USNI pada halaman ke 50 dan urutan ke 491.
  2. Hasil pencarian kata “universitas di jakarta” di http://google.co.id menempatkan USNI pada halaman ke 45 dan urutan ke 448.
  3. Hasil pencarian kata “universitas di jakarta selatan” di http://google.co.id menempatkan USNI pada halaman ke 1 dan urutan ke 4.
  4. Hasil pencarian kata “universitas satya” di http://google.co.id menempatkan USNI pada halaman ke 1 dan urutan ke 2.
  5. Hasil pencarian kata “universitas satya negara” di http://google.co.id menempatkan USNI pada halaman ke 1 dan urutan ke 1.
  6. Hasil pencarian kata “universitas satya negara indonesia” di http://google.co.id menempatkan USNI pada halaman ke 1 dan urutan ke 1.
  7. Hasil pencarian kata “yadika” di http://google.co.id menempatkan USNI pada halaman ke 3 dan urutan ke 30.

Mungkin yang saya lakukan tidak terlalu penting ataupun tidak ada gunanya. Saat ini kepopuleran tidak hanya di lihat di dunia nyata, tapi juga di dunia maya atau internet. Biasanya untuk mencari informasi, orang akan mencari menggunakan mesin pencari dengan memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan “apa yang dicari” seperti yang saya lakukan diatas. Pencarian dengan memasukkan kata kunci yang tepat akan mempermudah pencarian. Semakin spesifik kata kunci akan mempercepat Google dalam mencari dan menyajikan informasi yang kita butuhkan.

Dari hasil test diatas dapat dilihat, bahwa kepopuleran USNI sangat kurang jika menggunakan kata kunci “universitas” dan “universitas di jakarta”. Namun jika dengan menggunakan kata kunci “universitas di jakarta selatan”, USNI terlihat di halaman pertama Google. Sebenarnya, bagaimanakah cara kerja mesin pencari Google dalam mencari informasi? Google mencari informasi dari kata kunci yang kita masukkan di kolom pencariannya. Selanjutnya Google akan mencari di databasenya, kata-kata yang sama, mirip ataupun berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Bagaimana cara meningkatkan kepopuleran website di mesin pencari Google? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita pelajari apa saja kesalahan pemilik situs sehingga kurang populer di mesin pencari. Kesalahan yang sering dilakukan pemilik situs adalah :

  1. Pemilik situs lebih memperhatikan design daripada tanpa memperhatikan informasi yang ditulis di dalamnya. Investasi terbesar seringkali justru ditaruh pada desain website, bukan pada pengelolaan informasi.
  2. Pemilik situs lupa dengan pentingnya informasi yang selalu baru. Sehingga pengunjung akan selalu berusaha kembali untuk melihat hal terbaru dari situs yang dikelola. Bahkan Google dan beberapa mesin pencari lainnya menganggap suatu situs menjadi penting apabila sering diperbarui. Dengan anggapan tersebut, posisi situs di dalam daftar mesin pencari juga akan meningkat.
  3. Pemilik website tidak terlalu peduli dengan keunikan atau perbedaan konten atau isi dari situs yang lain. Jika Anda dapat memberikan sesuatu yang berbeda dan terfokus pada suatu topik, orang lain akan mencantumkan alamat website Anda atau memberikan referensi website ini di dalam berbagai media seperti Blog atau Forum.
  4. Tidak tepatnya penulisan keyword. Dengan penulisan keyword yang tepat pada setiap informasi yang ditampilkan, hasil dari mesin pencari juga akan semakin optimal “menangkap” situs yang Anda kelola. Tulislah keyword yang potensial bagi pengunjung, yang mungkin akan digunakan oleh mereka dalam pencarian di mesin pencari.
  5. Sedangkan kesalahan yang kelima, pengelola web tidak memberikan label pada link dan gambar yang dicantumkan. Dengan adanya deskripsi yang jelas, bukan hanya membantu konsumen tetapi juga akan membuat calon pengunjung terarah ke dalam situs Anda. Penggunaan keyword dalam pemberian label juga disarankan di sini agar mudah direkam oleh mesin pencari. Jika dimungkinkan, judul website dan judul artikel juga dibedakan untuk memudahkan pembaca dan mesin pencari dalam mendeskripsikan tulisan.

Konten Adalah Raja
Dalam SEO, konten merupakan hal yang utama karena proses pencatatan di dalam mesin pencari lebih terfokus pada informasi yang disajikan. Apabila Anda menjual mebel, Anda dapat menuliskan ulasan dan komentar-komentar dari produk tersebut. Bahkan jika memungkinkan, Anda dapat menambahkan product knowledge atau pengetahuan tentang produk. Dengan demikian informasi-informasi tersebut dapat menjadi salah satu rujukan mesin pencari ketika seseorang melakukan pencarian mengenai mebel. Bagi perusahaan, memberikan pengetahuan mengenai produk dapat juga meningkatkan citra yang positif. Selain itu, dengan semakin banyaknya informasi yang disajikan maka akan semakin banyak pula keyword yang dapat diciptakan berdasarkan tulisan tersebut. Yang perlu hati-hati dilakukan adalah pencatuman keyword dan informasi yang sengaja diciptakan untuk menjebak pengunjung.

Bagi situs yang tergolong baru atau belum tercatat di dalam mesin pencari, jangan lupa untuk mencantumkan alamat website Anda ke dalam daftar mesin pencari melalui mekanisme pendaftaran URL. Teknis perekaman yang umumnya dilakukan mesin pencari kadangkala luput merekam situs Anda. Sehingga cara manual ini digunakan untuk memberitahukan situs Anda kepada mesin pencari agar dapat dicatat di dalam databasenya. Tidak ada satupun yang dapat menjamin posisi pertama situs Anda di dalam mesin pencari. Termasuk Google yang tidak tercantum di halaman awal ketika Anda menggunakan Google untuk pencari dengan menggunakan keyword “Search Engine”, karena algoritma pencariannya Namun dengan beberapa tip yang sudah dibahas, situs Anda dapat optimal tercantum di dalam daftar pencarian.(Pencerahan : www.2klik.net)

2 Balasan ke Popularitas USNI di Google

  1. herman mengatakan:

    Tapi, kalo kita cari dengan mengetik keyword: “USNI”, dia ada di halaman 1 dan nomor urut 1.

  2. EkoBanana mengatakan:

    yup.. anda benar… sebelumnya kalo ketik “USNI” nomer 1 adalah US Naval Institute😀 Setelah dikutak-kutik, jadi deh nomer 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: