Tips Komputer Bebas Virus

Sudah biasa jika kita mendengar komputer kena virus. Saat ini sudah banyak varian virus yang berkeliaran di komputer-komputer kita. Dari virus yang hanya ingin menunjukkan eksistensi atau keberadaan pembuatnya, hingga virus yang merusak data dan hardware.

Semakin banyak virus memicu semakin berkembang pula anti virus. Sebagian pengguna komputer biasanya bingung akan memilih produk anti virus yang mana. Saya ingin berbagi pengalaman tentang tips menghindari terinfeksinya komputer dari virus. Mungkin tidak bisa 100 % terhindar, tetapi setidaknya mengurangi kemungkinan terinfeksi. Berikut ini tips dan trik menghindari virus dengan studi kasus komputer dengan sistem operasi Windows XP :

1. Memastikan komputer kita terinfeksi atau tidak.

Biasanya komputer yang terinfeksi mempunyai beberapa tanda-tanda diantaranya yang biasa terjadi adalah :

a) Menu Folder Options tidak tampil

b) Comand prompt / cmd.exe tidak tampil

c) Ms Config tidak tampil

d) Regedit tidak tampil

e) Task Manager tidak tampil

f) Komputer Restart jika kita instal atau menjalankan scan anti virus

Sebenarnya masih banyak lagi ciri-ciri komputer yang terinfeksi, tetapi biasanya tanda-tanda diatas yang sering terjadi. Untuk lebih memastikan instal dan scan dengan anti virus update terbaru.

2. Instal dan scan dengan antivirus update terbaru.

3. Scan terlebih dahulu jika ingin menggunakan disket atau flasdisk.

4. Jika ingin mengambil data menggunakan flasdisk dari komputer lain, pastikan bebas dari virus.

5. Pastikan flasdisk anda terdapat antivirus tanpa instal (tinggal ekstrak doang), seperti PCMAV update terbaru.

6. Partisi harddisk anda lebih dari 1 partisi dan pastikan menyimpan dokumen di partisi yang terpisah dari partisi system (Drive C).

7. Back up data-data penting anda di CD atau DVD.

8. Jangan takut akan terinfeksi virus, yang penting kita harus hati-hati.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Terimakasih.

9 Balasan ke Tips Komputer Bebas Virus

  1. Neo Forty-Nine mengatakan:

    makasih………

  2. suprie mengatakan:

    Thanks Tipsnya tp gw dah pake linux jadi ….Ga terlalu mikirin virus.

  3. ekobanana mengatakan:

    satuju bung suprie……

  4. anggara mengatakan:

    bagus juga tuh

  5. becek mengatakan:

    weks kibarkan Ubuntu sekarang juga di USNI tercinta, kapan lagi punya DEBIANnya… he..he..he..biar punya temen sharing maksudnya………. Ubuntu : kesetiaan dan persahabatan

  6. yudha mengatakan:

    Jual lisensi Norman (single user),

    Valid Until september 2008,

    ( dapet dari vaksin.com krn ngirim sample virus yg belum terdeteksi )

    silakan mail: xerophie@gmail.com

    Stock 3 license,
    Rp 150.000 / license
    ( bolehlah kurang dikit daripada gak dipake T__T )
    transfer via bank,

    thanks,

  7. superdeuthman mengatakan:

    info menarik, sayang dah cinta mati ama ubuntu :p ama Tiger

  8. DESSY mengatakan:

    OK.juga tuch.jadiiiiiiiiiiiiiii……….nambah lagi dech ilmunya dessy…….!!!???

  9. stainless tanks mengatakan:

    Boleh tau ga anti virus yang terbaru skrang itu apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: