Teknik Dasar Motor Vespa

Source Link : http://vespa-indonesia.com/scooter/content/view/182/30/
By : N. DIVA TANJAYA 045 (VIOERS TANGERANG BANTEN)
PENDAHULUAN
Dengan hormat,
Secara fisik, Skuter adalah jenis kendaraan bermotor roda dua (2) dimana pengendara dimanjakan dengan kontruksi kendaraan yang unik dan nyaman juga keamanannya dalam mengendarai. Menurut Sejarah, Skuter dalam bahasa Italy adalah ” Tawon” hal ini terobsesi dari bentuk atau skuter yang menyerupai Tawon. Skuter yang terlahir dari negara Italy ini di produksi oleh Piaggio ini bermerkkan VESPA

Keberadaan Vespa di Indonesia ternyata bisa menyatukan ratusan orang dan membuat mereka bersaudara atau lebih kerennya di sebut BROTHERHOOD. Berawal dari saling bertukar informasi diantara penggemar- penggemar vespa, hubungan ini kian erat dan akhirnya terjalin persaudaraan Yang melahirkan Club atau Komunitas yang tidak menonjolkan ego individu, tetapi hal ini lebih untuk membentuk persaudaraan dalam satu Komunitas guna mempererat tali persaudaraan antara sesama penggemar vespa.

Bertolak ukur dari hal di atas tiada maksud dari saya untuk menyombongkan diri, maksud dan tujuan saya tidak lain berbagi pengalaman dan bertukar pikiran kepada rekan-rekan sekalian. Adapun kelebihan dan kekurangan dari prologh ini Saya pribadi mohon dikoreksi, Karna pada dasarnya tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.

PRINSIP DASAR KINERJA MESIN VESPA

Prisip dasar kinerja dari pada mesin vespa ini berbasis dua tak atau dua langkah, langkah pertama adalah pembilasan serta percampurannya antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator, lalu langkah kedua proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakar yang berakibat adanya dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi. Di bawah ini saya akan menjelaskan perangkat mesin vespa super yang terdiri dari

I. KARBURATOR
Karburator adalah satu komposisi alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang berkerja secara kinetik tanpa alat elektronik sipengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yan ada distang kemudi lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuaikan dengan sendirinya.

II. PENGAPIAN
Yang disebut Proses pengapian adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh poros engkol atau krukas yang ada dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher. Api yang ada di busi daihasilkan dari SPUL PLATINA yang ada dalam medan magnet, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR berukuran 2 farad lalu di sinyalkan atau sistem pemulsaran oleh PLATINA setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah

III. RUANG BAKAR
Ruang bakar adalah satu ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses MIXTURISASI atau penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara KRUKAS atau poros engkol stelah bahan bakartercampur di transperkan oleh seher yang nya tlah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada BLOK SILINDER, lalu bahan bakar mengalami penekannan ke ruang vakum yang ada pada HEAD SILINDER di sini lah terjadi ledakan hasil dari tekanan dan percikan api busi, sisa bahan bakar yang berjenis korbon dioksida dibuang ke udara lepas melalui lubang buang mengarah ke KNALPOT yang berfungsi menmanfaatkan gas buang sebagai kompresi balik untuk menyempurnakan proses selanjutnya, dan juga knalpot ini berfungsi sebagai peredam suara ledakan,

IV. ROTASI ATAU PUTARAN MESIN
Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok di melalui KOPLING atau cluth yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesui dengan keinginan pengendara dalam gir bok terdiri dari GEAR PRIMER atau lebih di kenal dengan gigi borobudur rotasi dari gigi borobudur ini berhubungan langsung dengan GEAR SEKUNDER atau lebih dikenal sebagai gigi seri. Pengaturan transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 doleh CRASH GEAR atau gigi silang pengaturan ini langsung di hubung kan ke kendali atau stang motor, keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga tidak menggunakan sistem rantai. Dalam perawatan lebih murah dan mudah yang terpenting adalah ketelitian dan ka apikan kit menggunakan mesin ini.

MASALAH YANG SERING TERJADI SERTA PENYELESAIAN NYA
i. Karburator sering kotor atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak langsung dengan laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah sulit untuk hidup terkadang
pula busi sering mati terlihat dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelang yang mengakiobatkan hilang nya percikan api di busi Penyelesaiannya:

1. Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat
2. Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar
3. Bersihkan karburator menggunakan kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, ketelitian di tuntut dalam hal ini
4. Periksa ukuran lobang spuyer sudah pas belum jangan sampai kebesaran atau kekecilan. Bila kebesaran motor akan boros bahan bakar dan juga busi sering mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik
5. Setingan atau penyetelan jarum ideal harus pas menurut pengalaman saya caranya denmgan menyetel stasioner karbu pada stelan tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran ter tinggi,

ii. PENGAPIAN
Permasalahan dalam pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup, susah starter motor biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar, bisa juga salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yang sudah tidak layak pakai atau mati. penyelasaiannya:
Langkah pertama periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dam main jet, beila warna ujung busi merah bata maka pariksa ke bagian yang pengapian yang lainnya. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke massa mesin kira kira 8 mm masih terjadi loncatan api berwarna biru, bila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau si koilnya yang memang sudah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina, Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan konektor plus nya kira-kira 0,5mm. dengan menggunakan obeng min, perlu di ingat penyetelannya jangan di ketok karna hal akan mepersingkat umur pakai platina karna entara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga
berkaitan dengan kondisi kondensator Pemeriksaan kondensator amat lah mudah apa bila terjadi lancatan api di platina ini di karenakan kondensator anda sudah tidak layak pakai, ganti kondensor anda atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lainnya atau sistem kondensatornya di double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2 farad, Yang terakhir adalah cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus di gani degngan yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.
Apabila semuanya stabil maka anda wajib memeriksa nap puur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak, ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.

iii. Motor macet tidak bisa starter Ini adalah suatu trable mesin yang lebih fatal biasanya hal ini terjadi di kerenakan lakher atau BEARING ada yang rusak, stang sekher atau CONECTING ROOD rusak, ring sekher patah, sekher atau PISTON tidak layak pakai, perangkat di gear bok ada yang patah, PER GIGI PRIMER rontok, PLAT KOPLING yang sudah tidak layak pakai. GIGI STATER ompong atau rontok. Proses penyelesainnya harus turun mesin dan kita harus bongkar semua perangkat mesin agar lebih mudah pengecekan nya. Apabila dalam pengecekan perangkat ternyata ada yang rusak lebih baiknya kita ganti dengan yang baru, untuk menjaga hal-hal yang tidak di inginkan yang bisa saja nanti terjadi di dalam kita mengoprasikan kendaraan
kita di jalan.

iv. Motor tidak nyaman di kendarai atau goyang Dalam kondisi ini diluar dari pada mesin kecuali perangkat penunjang dan stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini menyangkut kenyamannan kita dalam berkandara karna semua ini akan berdampak langsung dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam bila hal ini di biarkan. Adapun panenggulangnganya sbb:
cek kondisi kelayakan ban dan pelek, bila ban botak harus ganti kondisi pelek pun harus stabil jangan ada speleng atau goyang Cek kondisi as ayun masih layak pakai atau tidak, biasanya dalam kondisi ini pala babi depan akan goyang apa bilia as ayun rusak, semua itu berdampak langsung pada sistem kendali kendaraan anda, Cek lassan bodi pada titik tumpu seperti, DEK MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL. Bila terjadi keropokan pada bodi jangan biarkan hal itu berlarut karna akan berakibat kerusakan bodi yang lebih fatal bahkan pernah terjadi notaor tiba tiba patah. Cek kondisi STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin dan shokbreker juga MOUNTING sok blakang, bila terlihat sudah usang atau rusak harus cepat-cepat di ganti. Cek SOKBREAKER, apa bila sok breker sudah lemah baik pernya atau sok wajib untuk kita ganti, jangan lupa kondisi mur roda baik depan maupun belakang dalam kondisi kencang dan terkunci paku pengunci. Jangan sekali kali anda pertaruh kan nyawa anda hanya karena malas untuk memperbaikinya.

PENUTUP

Demikian lah prologh ini saya sampaikan kepada anda selaku saudara saya di vespa, ketelitian anda adalah kunci kanyamanaan dan keselamatan dalam mengendarai vespa di jalan, JANGAN PERNAH ANDA MEMPERTARUHKAN NYAWA ANDA DENGAN KENDARAAN YANG TIDAK LAYAK PAKAI. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trima kasih. Bravo vespa mania indonesia jaya selalu.

Hormat Saya.

Tanggerang 13 Agustus 2007

30 Balasan ke Teknik Dasar Motor Vespa

  1. endut29 mengatakan:

    Bedanya spul dan magnet pada vespa px platina sama spul dan magnet pada vespa px cdi apa ya?

  2. ekobanana mengatakan:

    Kata teman saya :

    Spul yang ada jumlahnya semua sama ada 5 baik Platina atau CDI tapi Di CDI pasti gak ada Platina juga Magnet CDI gak pernah ada Lubang karena gak pernah disetel2 seperti Platina …..

    Kadang2 kalo menjelaskan sesuatu secara definitif kadang2 susah yah hehehe :D

    Salam mas ENdut29

  3. shonta mengatakan:

    waktu itu sebelum saya ganti platina vespa super saya ga da masalah dalam menyalakan mesin,tapi pas saya buka dan saya ganti yang baru cukup susah buat nyalainnya lagi,sekalinya nyala nembak terus mati lagi saya cuma pengen tau apa kendala yang saya alami saat ini.. makasih..

  4. shonta mengatakan:

    tolong solusi buat vespa kesayangan saya, saya tnggu jawabannya di onthaNanheng@yahoo.co.id makasih banyak sebelumnya telah membeikan pengetahuan buat saya juga. makasih..

  5. heru mengatakan:

    sy punya vespa super taon 78, kenapa ya kalo abis digas penuh langsung mati gk bsa langsam trus kalo abis lepas gas pasti bunyi duk-duk kayak ada bedug di blok mesin juga kalo perpindahan gigi!
    Helters_rog@yahoo.co.id

  6. zwhy mengatakan:

    saya punya vespa super taon 76 as kecil masih make platina apa ada yang tau cara modifikasi ke cdi yang make pulser

  7. jhoni andrianto mengatakan:

    saya punya vespa sprint velove klo setang sehernya diganti pake punyanya px gmn??bisa gak ya………………..,tolong solusinya…………………….

  8. mangga mengatakan:

    tmn w lg cari vespa……spa yg mau lepas ni…adhie_ah@yahoo.com

  9. Dio mengatakan:

    Saya punya vespa ps th 81. Saya pengen ganti ke cdi. Kira2 biayanya brp?

  10. devalens mengatakan:

    Ganti CDI murah kok, aku punya vespa spesial th 81 blm lama tak ganti CDI cuma 150rb sudah termasuk ongkos, garansi 3 th

  11. dio mengatakan:

    150 rb, lengkap komponennya ?

  12. bondan mengatakan:

    Vespa saya PS150 tahun 90, pengapian aslinya pakai Micro CDI yang pakai pulser. Masalahnya adalah Micro CDI dan pulser vespa saya mati beberapa minggu lalu. Untuk sementara saya ganti pengapian pakai CDI RC Jet Cool motor bebek yang bisa nyala tanpa pulser. Hasilnya pengapian lemah sekali, lampu juga jadi redup tapi yang penting Vespa bisa jalan. Yang saya tanyakan, lebih baik mana ya. Ganti total pengapian ke settingan original dengan memperbaiki pulser dan membeli Micro CDI baru dengan biaya yang lebih mahal. Atau cukup mengganti dengan CDI Excel original (yang bisa jalan tanpa pulser)? apakah cukup mengganti dengan CDI Excel yang original pengapian menjadi kuat lagi?
    thanks

  13. Pung mengatakan:

    saya bingung sama vespa saya kenapa nembak terus yah padahal platinanya baru ??
    vespa saya PS 1985 tolong di bantu mas email aja ke saya.
    terima kasih

  14. Awal mengatakan:

    Bos q punya PS taun ’87,Tiap mesin stasioner ada suara klak-klak trus.Kata montir yang benerin g apa-apa. Vespaku klo bwt sendirian tenaganya bagus tapi klo bet boncengan tenaganya hilang kenapa y???? Tolong kasih masukan donk,

  15. Yayat Hidayat mengatakan:

    naik vespa harus pake sarung

  16. Ahmad Kamil mengatakan:

    Kalo lubang di karbu tugas nya ngisep udara atau nyemprot, soalnya karbu vespa saya banjir selalu.knapa yah..???

  17. arioo mengatakan:

    jarum di kaburator vespa kira2 brapaa yaaa??

  18. EkoBanana mengatakan:

    @arioo

    Jarum yg mana bro??

  19. didit mengatakan:

    bro mau numpang nanyak,yg d bwhx jok kan ada 2 puteran yg stu bulet yg stux lgi seperti gantungan itu apa fungsix bro, terima kasih atas solusix .

  20. rief mengatakan:

    saya punya motor vespa ps thn 81.
    kenapa,ya,sekarang ga bisa digas…,jadi seperti bensin tekor..sementara pengapian bagus…
    tolong sarannya…

  21. dwhie mengatakan:

    vespa saya p150s (82) .. vespa saya gak bisa nyala , katanya pengapiannya gak bagus .gimana cara setting platinanya??
    mohon sarannya..

  22. PSXERIES mengatakan:

    wah banyak yg pake PS yah….
    ayu atuh gabung di tamsur setiap hari jumat malem jam 8 sampe ngantuk..nanti disana ada mekanik handal..

  23. daniel uyee mengatakan:

    saya pnya vspa super 76….kendalanya habis ngebelah mesin malah ga bisa hidup…saya curiga di blok piston bocor n sil magnet bocor ..
    apa itu berpengaruh..??? tolong dibantu solusinya…tx..

  24. Irwansyah mengatakan:

    Asskum…sy punya vespa ps tahun 78,minta tips supaya vespaku laju seperti motor balap

  25. Tadok Scooterist mengatakan:

    cara bikin sspan jdi anteng gmna??

  26. Keong mengatakan:

    Pasarar excel berape yaw gan.

  27. bos mau nanya, kalo rotor platina buat super 78 sama kaya rotor px atau ps????
    makasih bos, tolong d reply yaaa :)

  28. sipo mengatakan:

    mas bro…mo nnanya.au dlm perjalann jauh .tp d tengah perjalann vespa q mbrebet.meski sdah au ganti busi tetep aja sama.vespa q exsel bro.apa kondensor z dach g layak bro.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: